Selamat Datang Di Blog Yannah PGSD

Sebagai wujud kontribusi saya sebagai mahasiswi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), berikut saya posting artikel-artikel yang berkaitan dengan pendidikan dasar.

Silakan download seperlunya, sesuai etika yang ada. Sebutkan sumber-sumber bila Anda mem-posting ulang di blog Anda, maupun mempublikasikannya dalam bentuk apapun. Terima kasih.

Semoga semua tulisan yang ada bisa bermanfaat.

Hubungi penulis bila ada hal yang perlu didiskusikan...^_^

Rabu, 20 Januari 2010

MAPEL IPA SD - Tata Surya


TEORI BIG BANG (Terbentuknya Tata Surya)
Teori Big-Bang adalah teori Dentuman besar atau teori ledakan dahsyat. Teori ini menyatakan bahwa alam semesta ini berasal dari kondisi super padat dan panas, yang kemudian mengembang sekitar 13.700 juta tahun lalu. Atau dengan kalimat yang sederhana, alam semesta berasal dari ketiadaan (titik bervolume nol) kemudian mengembang dan meluas.
Asal mula pemikiran teori ini adalah, ketika pada tahun 1929 seorang astronom Amerika Serikat bernama Edwin Hubble mengamati bintang-bintang dengan teleskop raksasa dan menemukan fakta bahwa bintang-bintang selalu "bergerak menjauhi" kita. Ini menunjukkan bahwa alam semesta tidaklah statis sebagaimana teori materialisme (alam semesta tak hingga) yang menyatakan bahwa alam semesta sudah ada sejak dahulu kala dan akan terus ada selamanya.
Para ilmuwan juga percaya bawa “Big Bang” (dentuman besar) membentuk suatu sistem tata surya. Ide sentral dari teori ini adalah bahwa teori relativitas umum dapat dikombinasikan dengan hasil pemantauan dalam skala besar pada pergerakan galaksi terhadap satu sama lain, dan meramalkan bahwa suatu saat alam semesta akan kembali atau terus. Konsekuensi alami dari Teori Big-bang yaitu pada masa lampau alam semesta harus mempunyai suhu yang jauh lebih tinggi dan kerapatan yang jauh lebih tinggi.

Teori Big-bang yang tercantum dalam Al Qur’an
1. “Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya.” (QS. Adz-Dzaariyat, 51: 47)
2. "Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan daripada air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?" (QS. Al Anbiyaa', 21: 30).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar